Memahami Ventrikular Takikardia: Dasar Banget

Masalah yang sering akan kamu temui dalam praktek sehari-hari adalah masalah henti jantung dan aritmia, terutama dokter Jaga IGD. Angka mortalitasnya tinggi. Namun, dengan tatalaksana yang tepat setidaknya secara moral kamu akan merasa tenang. Sudah mengupayakan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa pasien.

Kamu gak mau kan kayak aku yang pernah nangis di pojokan gara-gara tidak tahu tatalaksana henti jantung yang benar, padahal ada pasien cardiac arrest di depan mata. Waktu itu masih Koas sih, tapi jadi pelajaran yang sangat berharga.

Oke, kalau kita merujuk pada algoritma ACLS, salah satu langkah pertama yang penting dilakukan adalah mengenali gambaran EKG yang shockable (VT/VF) dan non-shockable (Asystole/PEA). Tenang saja kok, mengenali VT sangat gampang. Asal pernah lihat gambar EKG-nya insya Allah sangat mudah mengenali. Khas banget.

Tapi, anehnya waktu aku bikin quiz iseng-iseng, ternyata masih ada 50% sejawat kita yang tidak bisa membedakan gambaran EKG yang shocakable (VT/VF) dan yang non-shockable (Asystole/PEA).

Baiklah. Mari sama-sama refresh ya. Hari ini kita bahas tentang ventrikular takikardia (VT) dulu.

Dasar Ventrikular Takikardia

Ventrikular takikardia (VT) adalah salah satu kelainan yang cukup banyak ditemui dalam praktek sehari-hari. Terutama di IGD dan ICU. VT sebenarnya adalah kelainan aritmia ventrikular. Kalau ilmu dari dr Ragil, SpJP cara mengenali ventrikular aritmia mudah saja, gelombang bukan sinus dengan QRS yang lebar-lebar.

Oke, jadi apa sih sebenarnya ventrikular takikardia?


Seperti namanya, ventrikular takikardia adalah takikardia yang fokus patologinya ada di ventrikel jantung. Takikardia artinya frekuensi denyut jantung > 100 kali/menit. Nah, ventrikular takikardia ini frekuensi denyut jantung > 250 kali/menit.

Bagaimana bisa terjadi seperti itu?

Secara normal, generator listrik jantung pertama kali dihasilkan di SA Node. Jika berfungsi normal, SA node akan menghasilkan gelombang listrik 60-100 kali/menit. Itu adalah frekuensi denyut jantung normal manusia. Paham ya?

Apa yang terjadi jika ada gangguan pembentukan listrik di SA Node?

Tempat lain akan mengambil alih, bisa AV Node, atau bahkan ventrikel. Dalam ilmu EKG dikenal istilah PVC (Premature Ventricular Contraction). Seperti namanya, PVC adalah gelombang listrik yang muncul lebih dulu dari gelombang listrik yang diharapkan. Jadi ada tempat lain yang menghasilkan gelombang listrik selain SA node, dan tematnya di ventrikel.

Kalau satu gelombang tambahan namanya PVC, kalau ada 3 PVC berurutan namanya VT. Nah, VT ini adalah kondisi klinis yang berbahaya. Karena pasien yang mengalami VT akan sangat mungkin mengalami sudden cardiac arrest (henti jantung mendadak).

Bagaimana VT menimbulkan Sudden Cardiac Arrest?

Ingat kan, tadi frekuensi denyut jantung VT > 250 kali/menit. Katakan frekuensinya 250 kali/menit, artinya dalam satu detik jantung akan berdetak 4 kali (4 kali/detik). Bayangkan secepat apa?

Kondisi seperti di atas akan menyebabkan jantung memompa darah dengan inefisien. Saking cepatnya memompa, darah yang mengisi jantung menjadi sedikit. Akibatnya, darah yang di pompa ke seluruh tubuh pun menjadi berkurang. Tubuh akan mengalami hipoksia berat, dan muncul bermacam gejala di bawah ini

  1. Sinkop
  2. Nyeri Dada
  3. Sesak Napas
  4. Pusing
  5. Sudden Cardiac Arrest

Membaca EKG Ventrikular Takikardia

Membaca EKG ventrikular takikardia sebenarnya mudah, hanya memang kalau belum pernah lihat ya jadi sulit.

Yang pertama kamu harus tahu, ciri-ciri ventrikel takikardia

  1. Gelombang QRS lebar
  2. 3 PVC tampak berurutan

  3. Rate > 100 kali/menit

Langsung aja lihat gambarnya ya

Seperti yang kamu lihat di gambar, VT dibagi jadi dua

  1. Monomorfik VT
  2. Polimorfik VT

Monomorfik cirinya bentuk dan amplitudo gelombang QRS seragam. Kalau polimorfik bentuk dan amplitudo gelombang QRS bervariasi.

Kenapa bisa begitu?

Sebuah teori menjelaskan bahwa monomorfik VT terjadi karena generator listrik tambahan hanya terjadi pada satu titik di ventrikel, sedangkan polimorfik terjadi karena ada banyak titik yang menghasilkan listrik di ventrikel, di luar SA Node. Karena ada banyak titik, maka lead EKG akan menangkap gambaran gelombang yang berbeda-beda bentuk dan amplitudonya, paham? (Kalau belum paham nonton DVD MBE Basic dulu ya^^)

Oke, kita lanjut ya ke tatalaksana ventrikular takikardia.

Tatalaksana Ventrikular Takikardia

Secara garis besar tatalaksana ventrikular takikardia adalah kardioversi. Kardioversi merubah gelombang aritmia menjadi sinus (EKG normal).

Kardioversi bisa dilakukan secara elektrik dan farmakologik. Secara elektrik artinya menggunakan Defibrilator elektrik. Kardioversi farmakologik artinya perubahan aritmia menjadi sinus dilakukan dengan obat-obatan.

Kardioversi elektrik dapat kamu baca lebih detail di artikel sebelumnya (kardioversi dasar banget). Intinya kardioversi elektrik ini adalah kamu memberikan aliran listrik ke miokardium saat puncak gelombang R. Ini penting dipahami, karena ketika aliran listrik kejut diberikan bukan pada puncak gelombang R, misalnya pada saat ST, justru pasien malah berpotensi mengalami komplikasi aritmia.

Mengapa saat puncak gelombang R? Karena QRS adalah gambaran depolarisasi Ventrikel. (baca dulu Mahir Baca EKG: Basic ECG)

Ilustrasi singkat bagaimana melakukan kardioversi dapat kamu tonton di video di atas. Kardioversi elektrik pada pasien dengan VT adalah 100-200 J gelombang bifasik.

Oke, selanjutnya kardioversi farmakologik...

Intinya adalah kardioversi dengan obat-obatan. Salah satu obat yang paling banyak dipakai adalah amiodarone. Amiodarone sering dipakai pada kasus VT yang resistan terhadap DC Shock.

Untuk referensi lebih lanjut tentang diagnosis dan tatalaksana VT, kamu bisa lanjut disini.

Semoga Bermanfaat^^


=

Sponsored Content

Kalau kamu bingung memahami Ventrikular Takikardia (VT), seenggaknya kamu harus bisa mengenali gambaran EKG-nya. Karena VT adalah kondisi malignant yang membutuhkan traetment segera.

Ini ada cuplikan video DVD MBE Aritmia, dari dr Ragil, SpJP. Diteranginnya pelan-pelan dan mudah banget di mengerti.

Insya Allah DVD MBE Aritmia bakalan rilis tanggal 01 Juni 2017. Kalau kamu mau pesan, kontak aja Yahya di 085608083342 (bisa SMS/WA)

Semoga Bermanfaat^^