/ Transfusi

Transfusi Platelet Pada Demam Berdarah Dengue, Kapan?

Transfusi platelet urgen diberikan pada pasien DBD dengan trombosit < 20.000/mm3, karena memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi perdarahan.

Kapan transfusi platelet (trombosit) dibutuhkan pada pasien Demam Berdarah Dengue? Ini adalah pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh sejawat di daerah, mengingat pasien infeksi virus dengue dengan komplikasi perdarahan memiliki angka mortalitas tinggi.

Trombositopenia adalah kondisi yang umum dijumpai pada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD). Perilaku virus dengue yang sering menyebabkan penurunan jumlah trombosit adalah penyebabnya. Mekanisme yang mendasari masih belum jelas, beberapa ahli menduga karena proses mimikri molekuler imunologis yang berkembang selama infeksi, sedangkan yang lain menduga karena invasi virus ke sum-sum tulang (Simmons dkk, 2012).

Trombositopenia adalah jumlah konsentrasi trombosit < 100.000/mm3. Trombosit berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit yang terlalu rendah beresiko menimbulkan perdarahan yang masif.

Transfusi platelet atau trombosit banyak digunakan untuk mencegah komplikasi perdarahan pada pasien DBD. Namun, yang menjadi pertanyaan kapan dan siapa yang memiliki indikasi menerima transfusi platelet?

Indikasi Transfusi Platelet pada Demam Berdarah Dengue

Sebelum memutuskan untuk melakukan transfusi platelet, penting untuk memastikan bahwa pasien benar terinfeksi dengue (NS1, IgM, IgG). Jika memang confirmed, transfusi platelet dapat diberikan pada

  1. Jika jelas diagnose demam berdarahnya (seromarker positif), trombosit dibawah 100.000 dengan klinis ada pendarahan masif (epistaksis, melena, hematemesis, hemaptoe, menstruasi, lebam2)
  2. Jika jelas diagnose demam berdarahnya (seromarker positif), trombosit dibawah 15.000 walaupun tanpa pendarahan

Transfusi platelet pada pasien DBD yang berada dalam kondisi trombositopenia masih menjadi kontroversi. Namun, sebuah penelitian yang bagus dari Makroo dkk (2007) mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Hasil penelitian Makroo dkk menyimpulkan bahwa:

  1. Komplikasi perdarahan sering terjadi pada pasien DBD dengan trombositopenia berat.
  2. Transfusi platelet urgen diberikan pada pasien DBD dengan trombosit < 20.000/mm3, karena memiliki resiko tinggi mengalami komplikasi perdarahan.
  3. Sedangkan pasien DBD dengan trombosit antara 20.000/mm3 - 40.000/mm3, memiliki indikasi mendapat transfusi platelet hanya jika menunjukkan tanda-tanda manifestasi perdarahan yang jelas.

Pasien DBD dengan trombosit > 40.000/mm3 masih "cukup aman" untuk tidak diberikan transfusi platelet. Bahkan, menurut pengalaman, pasien dengan trombosit 20.000/mm3 pun bisa sukses pulih selama tidak ada manifestasi perdarahan yang nyata.

Aspek Klinis Transfusi Platelet

Transfusi platelet sering digunakan dalam tatalaksana pasien-pasien yang mengalami trombositpoenia, misalnya pasien dengan infeksi virus dengue.

Ambang batas kadar trombosit di mana transfusi trombosit seyogyanya dipertimbangkan bergantung kepada etiologi trombositopenia dan ada/tidaknya komplikasi perdarahan yang terjadi akibat trombositopenia.

Dibawah ini adalah ambang batas trombosit darah dan rekomendasi transfusi platelet

Sebelum melakukan transfusi trombosit, sebaiknya anda harus tahu jenis-jenis produk trombosit. Ada 3 jenis produk trombosit:

  1. Trombosit donor random (Random donor platelets) yang berasal dari satu unit whole blood yang telah dipisahkan trombositnya.
  2. Trombosit donor tunggal (Single donor platelets) yang berasal dari seseorang yang mendonorkan trombosit yang telah dipisahkan menggunakan mesin aferesis. 1 unit kantong aferesis trombosit mengandung sekitar 6 unit kantong trombosit donor random.
  3. Trombosit yang HLA-matched (HLA-matched pletelets) yang berasal dari donor tunggal yang HLA-nya cocok dengan resipien, biasanya digunakan untuk transfusi trombosit refrakter karena antibodi anti-HLA.

Dosis trombosit yang umum digunakan adalah 1 unit/12 kg berat badan. Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 6 unit kantong trombosit dan diharapkan mampu meningkatkan kadar trombosit 30.000-50.000/mm3.

Semoga bermanfaat.


=

Saat ini sudah ada 300++ dokter yang sudah pesan DVD DBD, sebagian besar ternyata pesan sebagai persiapan "outbreak DBD" beberapa bulan lagi. Bahkan ada yang bikin acara "nonton bareng" satu tim IGD dan Rawat Inap di Puskesmas... hehe. CERDAS.

Jika kamu pesan DVD DBD ini, dan mengajarkannya ke tim di Puskesmas/Klinik, maka angka kematian pasien DBD-mu akan turun signifikan tahun ini.

Salam Zero Death^^

Nb: Harganya 156 ribu.

Mau Pesan? WA aja YAHYA di 085608083342