/ nutrisi

Berapa Banyak Karbohidrat yang Harus Saya Konsumsi?

Banyak orang menganggap karbohidrat jelek, namun Panduan Diet Dokter Amerika menganjurkan anda memenuhi 45-65% kebutuhan kalori anda dari karbohidrat.

Mengetahui jumlah asupan karbohidrat penting untuk pasien yang menderita diabetes. Terkadang kita memberikan suatu terapi obat oral anti-diabetes namun kurang memperhatikan asupan kalori yang didapatkan pasien. Hasilnya, jika jumlah kalori terlalu banyak akan menyebabkan hiperglikemia (gula darah tinggi) atau jika kalori terlalu sedikit cenderung mengakibatkan hipoglikemia (gula darah terlalu rendah).

Banyak orang menganggap karbohidrat jelek, namun Panduan Diet Dokter Amerika menganjurkan anda memenuhi 45-65% kebutuhan kalori anda dari karbohidrat. Jika anda membutuhkan kalori 2000 kal/hari, itu artinya setiap hari anda membutuhkan 900-1300 kalori dalam karbohidrat. Itu setara dengan 225-325 gram karbohidrat/hari.

Angka itu rata-rata yang dibutuhkan orang Amerika. Menurut Prof. Hans Tandra, idealnya orang Indonesia kira-kira membutuhkan 130 gram karbohidrat per hari. Jumlah tersebut cukup ideal untuk memastikan tubuh kita memiliki pasokan energi yang cukup untuk beraktivitas dan bekerja.

Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah karbohidrat yang harus anda konsumsi adalah:

  1. Usia
  2. Berat Badan
  3. Aktivitas: Pekerja Berat atau Hidup Santai (Sedentary Life Style)
  4. Kadar Gula Darah
  5. Pola Makan: Suka Makan Junk Food, Suka Ngemil
  6. Nafsu Makan: Suka Porsi Besar, Sedang atau Sedikit
  7. Penghasilan: Berapa Pengeluaran untuk Makan

Secara umum ada enam kelompok Makanan yang biasa anda makan, berikut kandungan karbohidrat di dalamnya

1 cangkir Nasi (158 gram)	 						= 45 gram Karbohidrat

1 sajian buah (Apel Ukuran Sedang/182 gram)			= 25 gram Karbohidrat

1 cangkir susu (Tanpa lemak)						= 12 gram Karbohidrat

1 sajian sayuran (Kentang Ukuran Sedang/213 gram)  	= 37 gram Karbohidrat

1 sajian daging    									= 0 gram Karbohidrat

1 sajian lemak										= 0 gram Karbohidrat

Seperti kita lihat bahwa kentang ukuran sedang mengandung jumlah karbohidrat yang hampir setara dengan 1 cangkir nasi. Jika anda lapar makanlah nasi agar anda kenyang, namun jika anda sudah terlalu gemuk dan menjalani diet tinggi serat, anda mungkin bisa mengkonsumsi kentang ukuran sedang atau dua buah apel ukuran sedang.

Memenuhi kebutuhan karbohidrat harian anda sangat penting untuk menjaga aktivitas anda agar tetap prima, badan anda tetap sehat dan gula darah anda tetap terjaga. Jumlah karbohidrat yang cukup juga penting untuk menjaga agar kulit anda tetap segar dan tidak keriput.

Semoga bermanfaat.

Like FP Dokter Diabetes

untuk mendapat update info-info tentang petunjuk praktis mengalahkan Penyakit Diabetes!!!