/ efisiensi

KlinikMart: Belajar Dari Grameen Clinic (2)

Apotik kecil yang hanya menjual 10 dos cefixime, akan mendapat harga beli obat yang sama dengan pembelian satu kontainer cefixime.

Akan sangat elok jika dokter di seluruh Indonesia dapat bersatu untuk membangun jejaring klinik. Keunggulan-keunggulan kolektivitas akan memberikan dampak positif bagi dokter dan juga Masyarakat. Grameen Clinic menggunakan model jejaring untuk tumbuh. Model jejaring klinik dipilih untuk menunjang efisiensi dan pertumbuhan klinik agar senantiasa dapat memberikan excellent service.

Mengapa Harus Model Jejaring Klinik?

Model bisnis jejaring memiliki beberapa keunggulan. Anda tahu Kimia Farma? BUMN yang lebih kita kenal sebagai pemberi layanan apotik ini memanfaatkan keunggulan jejaring apotik-nya untuk mengefisiensikan biaya operasional.

Karena jumlah apotiknya banyak, Kimia Farma dapat memesan obat dengan volume besar, otomatis akan dapat diskon besar dari perusahaan farmasi. Keunggulan paling nyata adalah harga beli obat akan sangat murah. Obat akan didistribusikan ke apotik-apotik yang berada dalam jejaringnya, sesuai kebutuhan apotik tersebut.

Apotik kecil yang hanya menjual 10 dos cefixime, akan mendapat harga beli obat yang sama dengan pembelian satu kontainer cefixime. Tentu saja setelah obat terjual, profit margin yang didapatkan akan sangat tinggi. Suatu keunggulan yang tidak dapat diterapkan di apotik non-jejaring.

Salah satu keunggulan model jejaring yang lain adalah konektivitas. Dalam sebuah jejaring, konektivitas menjadi penting karena kita dapat memanfaatkan kekuatan kolektivitas jaringan.

Misal, suatu klinik banyak mendapatkan pasien jantung menahun. Klinik tersebut dapat berkembang menjadi klinik dengan keunggulan pusat jantung. Begitu juga dengan klinik lain di satu kota, mungkin memiliki keunggulan Hemodialisa, karena banyak mendapat pasien yang membutuhkan cuci darah, begitu seterusnya.

Kita dapat melakukan rujukan dalam jaringan, misal klinik pertama jika memiliki pasien yang butuh hemodialisa akan dirujuk ke klinik kedua. Begitu juga saat klinik kedua memiliki pasien yang membutuhkan perawatan jantung intensif akan dirujuk ke klinik pertama. Begitu seterusnya.

Sistem jejaring ini akan membentuk kolektivitas yang kuat antara anggota jejaring, sinergisme. Dengan begitu jejaring klinik juga akan bertumbuh bersama untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat secara komprehensif namun tetap excellent.