/ diabetes

Diet Cerdas Agar Terhindar dari Diabetes

"Sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, makan malam seperti pengemis."

Tahukah anda, jumlah penderita diabetes di Asia sekitar 70 juta orang, dan 7 juta diantaranya tinggal di Indonesia. Apakah salah satunya adalah anda?

Semoga tidak. Namun, mengetahui pola diet yang sehat akan sangat membantu anda untuk terhindar dari penyakit Diabetes. Apa Diet Cerdas? Diet cerdas bukan tidak makan, tetapi makan sesuai kebutuhan.

Diet cerdas adalah diet seimbang. Diet cerdas mengacu pada 3J (Jam, Jumlah dan Jenis), diet yang sudah disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Anda harus tahu seberapa banyak makan yang boleh anda santap, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Tubuh membutuhkan 15-20% protein, 50-60% karbohidrat dan 20-25% lemak. Cerdas mengatur komposisi diet anda adalah kunci sukses diet cerdas.

Nasi, roti dan mie instan mengandung karbohidrat tinggi. Putih telur atau daging ikan dapat menjadi pilihan protein yang baik. Kuning telur dan susu sapi dapat memberikan asupan lemak yang seimbang.

Kendala yang banyak dikeluhkan saat menjalani diet cerdas adalah rasa cepat lapar. Tips efektif untuk melawan rasa lapar adalah mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, serat tinggi dan kalori rendah (contohnya apel, pir, pepaya, melon dan buah kiwi).

Anda dapat menggunakan aturan 3 jam untuk menjadwal waktu makan yang disiplin. Misal anda dapat menjadwalkan pukul 6 pagi untuk memulai sarapan dengan makan besar. Lambung kosong setelah 3 jam, mengonsumsi buah-buahan di atas akan menjadi strategi yang baik untuk menunggu waktu makan berikutnya tiba.

Kira-kira jam 9 anda bisa mulai mengosumsi buah-buahan tersebut. Pukul 12 siang anda bisa makan siang, makan besar. Tiga jam kemudian anda bisa kembali mengonsumsi buah di atas, untuk menunda lapar. Untuk makan malam, kami sarankan makan dengan kandungan kalori rendah, sayuran hijau atau salad dapat menjadi pilihan yang baik.

Pedoman sederhananya adalah: "sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, makan malam seperti pengemis."

Semangat Hidup Sehat!!!


Like FP Dokter Diabetes

untuk update informasi tentang hidup sehat dan seputar penyakit Diabetes dan Obesitas.