Antibiotik Alternatif Azithromycin untuk Pneumonia Komunitas (CAP)

Salah satu jenis pneumonia yang bisa dijumpai di lapangan ialah CAP. CAP (Community Acquired Pneumonia) merupakan jenis pneumonia yang sumber infeksinya diperoleh dari luar rumah sakit. Penyebabnya antara lain bakteri gram positif atau bisa juga bakteri atipik seperti misalkan Klebsiella pneumonia, Streptococcus pneumoniae, Streptococcus viridans, ataupun bakteri yang lain.

Pengobatan menggunakan anibiotik biasanya mulai diberikan setelah diagnosis ditegakkan yaitu apabila didapatkan hasil pemeriksaan penunjang seperti gambaran radiologis (foto toraks) dan laboratorium (kultur dahak) yang mendukung.

Berdasarkan ATS (American Thoracic Society) Azithromycin merupakan pilihan antibiotik pertama yang direkomendasikan sebagai terapi pada kasus pasien CAP tanpa disertai komorbid.

Namun tidak jarang pada beberapa kondisi dan alasan tertentu Azithromycin tidak bisa tersedia di tempat praktik atau fasilitas kesehatan setempat, sehingga pada akhirnya membuat TS harus mengambil keputusan untuk menggunakan pilihan antibiotik yang lain sebagai terapi.

Antibiotik Alternatif Azithromycin untuk Pneumonia Komunitas (CAP)

Sebagai alternatif apabila memang benar-benar tidak dijumpai Azithromycin, ada beberapa pilihan antibiotik lainnya yang bisa dipakai untuk kasus CAP tanpa komorbid.

Yang pertama, antibiotik lain yang bisa menjadi pilihan adalah tetap dari golongan macrolide yaitu bisa seperti Clarithromycin atau Erythromycin dan sebagai pilihan keduanya, bisa diberikan Doxycycline (kelas rekomendasi III). Kedua antibiotik ini bisa digunakan sebagai alternatif apabila jika memang tidak tersedia Azithromycin pada tempat praktik atau fasilitas kesehatan.

Pada kasus CAP tanpa disertai komorbid, Erythromycin 500 mg (oral) bisa kamu berikan 4 kali sehari selama 8-10 hari dan doxycycline bisa diberikan dengan dosis 100 mg per oral juga sebanyak dua kali sehari.

Semoga Bermanfaat^^


Sponsored Content

ppk-penatalaksanaan-papdi

Apa yang terjadi jika anda memiliki buku panduan lengkap bagaimana mendiagnosis dan menerapi penyakit-penyakit yang 80% kamu temui dalam praktek sehari-hari???

So, praktekmu jadi keren banget...

Yuk, dipesan sekarang. Buku yang ditulis oleh konsulen-konsulen ahli anggota PAPDI ini sangat cocok untuk sejawat yang:

  1. Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  2. PPDS Penyakit Dalam
  3. Calon PPDS Penyakit Dalam yang rencana daftar tahun ini
  4. Manajemen Rumah Sakit (20% persen pembeli buku ini adalah manajemen RS yang akan menghadapi Akreditasi karena wajib memiliki PPK dan Clinical Pathway)
  5. Dokter Umum yang Praktek mandiri (sulit konsul ke Spesialis: PTT, praktek pribadi dsb)

Bagaimana cara pesannya?

SMS/WA aja ke 085608083342 (Yahya)