/ ukmppd

1001 Soal & Pembahasan UKMPPD: #223


Anak 5 tahun dibawa orang tuanya ke klinik anda dengan keluhan demam selama 3 hari. Sejak 6 bulan memiliki riwayat demam dan batuk pilek, berdahak warna kuning kehijauan.

Sudah diobati di puskesmas namun tidak membaik. Anak tidak nafsu makan, BB tidak pernah naik. BB saat ini 13 kg. Ayah pasien riwayat TB tapi tidak selesai pengobatan.

Pemeriksaan yang dilakukan pada pasien ini adalah?
A. Gram
B. Neisser
C. ZN
D. Methylene blue
E. HE

Jawaban: C. ZN

Pembahasan:

Gejala-gejala umum/tidak spesifik pada anak-anak yang harus dicurigai ke arah TB bila ditemukan:

  1. Berat badan turun atau malnutrisi tanpa sebab yang jelas atau tidak naik dalam 1 buklan dengan penanganan gizi.
  2. Nafsu makan tidak ada (anoreksia) dengan gagal tumbuh dan berat badan tidak bertambah (failure to thrive) dengan adekuat.
  3. Demam lama/berulang tanpa sebab yang jelas (bukan tifus, malaria, atau infeksi saluran nafas akut) dapat disertai keringat malam
  4. Pembesaran kelenjar limfe superfisialis yang tidak sakit, biasa multiple, paling sering di daerah leher, axilla, dan inguinal.
  5. Gejala-gejala respiratorik : batuk lama lebih dari 3 minggu, tanda cairan di dada, nyeri dada
  6. Gejala Gastrointestinal : diare persisten yang tidak sembuh dengan pengobatan diare, benjolan/massa di abdomen, tanda-tanda cairan dalam abdomen.

Diagnosa paling tepat bila ditemukan basil TB dari sputum, bilasan lambung, biopsi, dll. Akantetapi hal ini sulit pada anak, sehingga sebagian besar diagnosis didasarkan tuberculin test dan gambaran radiologis.

Basil TB merupakan acid-fast bacil sehingga pengecatan bahan sputum/ bilasan lambung memakai metode pengecatan Ziehl Neelsen(ZN).

Semoga Bermanfaat^^


=

Sponsored Content

Minat, hubungi admin ya^^