/ asam urat

Terapi Obat Serangan Asam Urat Akut

Manajemen pasien gout akut terdiri dari beberapa aspek: edukasi, diet, istirahat sendi dan terapi obat. Terapi obat yang dapat diberikan adalah kolkisin, NSAID, kortikosteroid dan ACTH.

Serangan asam urat akut atau dalam bahasa ilmiahnya adalah artritis pirai (gout) adalah penyakit yang banyak dijumpai di tempat praktek sehari-hari. Gout artritis adalah kelompok penyakit heterogen akibat penumpukan kristal monosodium urat di cairan ekstraseluler.

Gout akut disebut masyarakat sebagai penyakit asam urat karena memang gangguan metabolisme akut yang mendasarinya adalah hiperurisemia. Pasien dikatakan menderita hiperurisemia bila kadar asam urat darah > 7 mg/dL (atau >6 mg/dL pada wanita). Namun, pasien dengan kadar asam urat darah <7 mg/dL juga bisa terkena serangan gout akut bila mengalami beberapa faktor pencetus, diantaranya adalah fluktuasi asam urat.

Manajemen pasien gout akut terdiri dari beberapa aspek: edukasi, diet, istirahat sendi dan terapi obat. Terapi obat yang dapat diberikan adalah kolkisin, NSAID, kortikosteroid dan ACTH.

KOLKISIN

Kolkisin adalah obat yang efektif digunakan untuk pengobatan gout akut. Pada pasien gout akut pemberian kolkisin akan memberikan efek penyembuhan radang sinovial dalam waktu cepat. Kolkisin dapat diminum dengan dosis 1,2 mg pada saat serangan akut terjadi, diikuti 0,6 mg satu jam selanjutnya. Dosis maksimal yang direkomendasikan dalam periode satu jam adalah 1,8 mg.

NSAID

NSAID atau obat anti-inflamasi non-steroid adalah obat yang banyak dipakai untuk mengobati nyeri secara umum. NSAID selain berfungsi sebagai anti-radang juga memiliki efek mengurangi nyeri (analgetik). Untuk mengatasi serangan gout akut, NSAID yang banyak dipakai adalah Endometasin. Endometasin diminum 1-2 x/hari dengan dosis 150-200 mg/hari, diberikan selama 2-3 hari pertama. Pengobatan dilanjutkan dengan mengurangi dosis menjadi setengah, dosis harian 75-100 mg/hari. Pengobatan dilanjutkan sampai minggu berikutnya atau sampai nyeri dan peradangan hilang.

Kortikoseroid dan hormon ACTH hanya diberikan bila respon tidak membaik dengan pengobatan Kolkisin atau NSAID. Gout artritis poliartikular (menyerang banyak sendi) adalah indikasi penggunaan kortikosteroid.

Disamping terapi obat, diet asam urat juga memberikan efek yang memuaskan dalam pengendalian kadar asam urat darah. Diet asam urat dapat dibaca pada artikel selanjutnya.


=
Sponsored Content

Penjelasan praktis tentang tatalaksana gout akutdibahas lebih lengkap di versi update tahun 2018 "BUKU 155 DIAGNOSIS DAN TERAPI FASKES PRIMER" halaman 105-107.

Buku paling dicari dokter puskesmas, IGD dan Klinik Pratama dari aceh-papua ini sudah mau terbit lagi, setelah 3000 eksemplar sold out < 30 hari.

promo-buku-155-diagnosis-terapi-pak-dhe-wahono

Ini kata dr Nares, TS dari Jakarta tentang "BUKU 155 DIAGNOSIS DAN TERAPI FASKES PRIMER"

testimoni-Buku-155-drNares

Kamu bisa pesan bukunya via WA 085608083342 (Yahya) atau link order ini

Jangan sampai nggak kebagian kayak kemarin^^