Tatalaksana TB Ekstraparu

Secara umum tatalaksana TB ekstraparu dibagi menjadi terapi medika mentosa dan terapi pembedahan. Terapi medika mentosa dengan pemberian obat anti-TB (OAT) lini pertama merupakan terapi yang utama. Terapi OAT diberikan dengan menggunakan regimen yang sama seperti pada terapi TB paru, namun dengan jangka waktu pengobatan yang lebih lama yaitu 9 bulan.

tatalaksana-tb-ekstraparu

Pada TB Tulang atau sendi dan meningitis TB, terapi OAT dapat diperpanjang hingga 9-12 bulan, sedangkan untuk TB gastrointstinal hingga 12-18 bulan. Pada fase inisial dapat diberikan rifampisin, INH, etambutol dan pirazinamid selama 2 bulan. Selanjutnya pada fase lanjutan dengan rifampisin dan INH yang diberikan setiap hari selama 7-10 bulan.

Terapi medika mentosa yang lain yang disarankan adalah terapi steroid. Terapi steroid diberikan pada meningitis TB dan perikarditis TB karena telah terbukti efektif untuk mencegah komplikasi jangka panjang yaitu hidrosefalus dan perikarditis konstiktiva.

Untuk meningitis TB diberikan deksametason 12 mg/hari atau 0,4 mg/kgBB/hari selama 3 minggu, kemudian dosis diturunkan secara bertahap dalam 3-5 minggu kemudian, dengan mengevaluasi perbaikan klinis.

Pada perikarditis TB diberikan prednison 60 mg/hari atau 1 mg/kgBB/hari selama 3 minggu, selanjutnya dosis diturunkan secara bertahap selama 3-5 minggu. Walaupun pada efusi pleura pemberian steroid dapat penymbuhan dan mempercepat perbaikan klinis, namun tidak dapat mencegah komplikasi fibrosis atau penebalan pleura. Pada peritonitis Tb dan TB Saluran Kemih pemberian steroid tidak disarankan karena efektivitasnya dalam mencegah terjadinya komplikasi obstruksi usus dan komplikasi stenosis ureter belum terbukti.

Semoga Bermanfaat


Tulisan di atas adalah salah satu materi di buku Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Ilmu Penyakit Dalam 2018

Selain TB EkstraParu ada berbagai update Guideline terbaru meliputi

  1. Tatalaksana Hipertensi
  2. ABPM dan Home Monitoring Tekanan Darah
  3. Tatalaksana komorbiditas TB-DM tipe 2
  4. Tatalaksana Nefropati Diabetik
  5. Tatalaksana Gagal jantung

cover-PIT-2018

Hanya tersedia 200 stok saja

Pemesanan klik link order ini atau WA 085608083342 (Yahya)