Tatalaksana Kejang Pada Neonatus di Puskesmas

Kejang pada neonatus adalah kondisi emergency yang harus diwaspadai setiap dokter dan tenaga kesehatan, terutama di puskesmas terpencil dengan sarana-prasarana terbatas.

Kejang pada neonatus, sering kali menyebabkan ketakutan berlebihan pasien. Dalam kondisi ini dokter yang tenang akan memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan yang "ikut" panik.

Bagaimana agar tenang? PERSIAPKAN

Baik itu persiapan pengetahun, skill sampai obat-obatan. Ibarat penebang pohon, jika anda punya waktu 10 jam untuk memotong pohon, gunakan 8 jam untuk mengasah kapak anda.


Yang pertama kali harus dipastikan adalah ketersediaan obat anti-kejang yang dibutuhkan di puskesmas. Dokter di puskesmas dapat memberikan obat anti-kejang pada bayi neonatus yang mengalami kejang saat pemeriksaan.

Obat kejang pilihan pertama pada neonatus adalah FENOBARBITAL. Sediaan yang tersedia adalah 100 mg/2 mL (mohon dicek terlebih dahulu dalam kemasan). Dosis pemberiannya adalah 30 mg (0.6 mL), diberikan dengan spuite 1 cc.

Obat kejang pilihan kedua untuk pasien neonatus adalah DIAZEPAM. Sediaan yang available di Puskesmas biasanya 5 mg/mL (mohon dicek terlebih dahulu dalam kemasan) atau 10 mg/2mL (diberikan per rektal). Dosis pemberiannya adalah 0.25 mL (untuk pasien BBL < 2500 gram) atau 0.5 mL (untuk pasien BBL > 2500 gram), diberikan dengan spuite 1 cc.

Yang perlu diperhatikan, jangan pernah memberikan minum atau apapun bila bayi kejang, karena bisa terjadi aspirasi.

Pertimbangkan kemungkinan Infeksi Tetanus Neonatorum apabila ditemukan tanda/gejala

  1. Kejang/kaku seluruh tubuh baik dirangsang maupun spontan
  2. Mulut mencucu seperti mulut ikan
  3. Biasanya kesadaran masih baik, tetapi bayi tak bisa menyusu

Bila ditemukan tanda-tanda Tetanus Neonatorum segera lakukan tindakan di bawah ini

  1. Beri obat anti kejang Diazepam, BUKAN Fenobarbital
  2. Beri dosis pertama antibiotil Penisilin Prokain IM
  3. Rujuk pasien ke FKTL dengan SpA dan alat-alat yang memadai

Untuk tatalaksana lebih lanjung kamu bisa membaca PEDOMAN ELIMINASI TETANUS NEONATORUM dalam buku RESUSITASI NEONATUS IDAI.

Semoga Bermanfaat^^


=

Sponsored Content

Mau Pesan RESUSITASI NEONATUS IDAI? Inbox Admin ya^^

Atau SMS/WA 0857 3130 6999 (ANISA) atau 0812 3400 8737 (FAHMI)