Setelah Diterapi Amoxicillin Adik Membaik

Masih ingat kan kasus tentang anak kecil 3 bulan yang diobati sendiri ibunya dengan steroid oral (dexamethasone) dan antibiotik (amoxicillin) yang dibeli sendiri di warung?

Ini adalah artikel lanjutannya...

Waktu itu kan didiagnosis dr Ardsari sebagai dermatitis atopic dd.allergic dermatitis due to food + infeksi sekunder dd.impetigo.

Dan sarannya "Sebaiknya disembuhkan dulu infeksi-nya dengan antibiotik oral, lalu difollowup. Kalau infeksi sekunder sudah teratasi, kita bisa lebih mudah untuk lihat lesi aslinya seperti apa. Apakah ada dermatitis atopik, apakah impetigo saja, apakah scabies atau diagnosa lainnya."

Singkat cerita dipatuhilah advis dari dr Ardsari oleh TS yang konsul. Diresepi Amoxicillin 50 mg/kgBB/hari dibagi dalam 3 dosis selama 7 hari. Untuk keluhan gatalnya diberi cetrizin.

Jreng...Jreng...

Sudah 2 minggu dan si pasien pun kontrol...

Selamat pagi dr Ardsari mohon konsultasi dokter :

  • jenis kelamin: laki laki
    -usia: 2 tahun
  • keluhan saat ini: gatal
  • sudah berapa lama: sudah 2 minggu
  • faktor pencetus: makanan
  • riwayat atopi ada atau tidak: disangkal
  • riwayat alergi obat: tidak ada
  • gejala sistemik (bila perlu u ditanyakan): -
  • lokasi lesi dimana saja : ditangan, kaki dan badan.
    -riwayat obat: amoxicilin 50mg/kgbb/hr dibagi dlm 3 dosis selama 7 hari, cetirizin
    -riwayat oles-oles: sudah tidak lagi oles krim sejak di terapi antibiotik.
    (Maaf dok, ini pasien yg sebelumnya saya konsul ke Dr Adsari SpKK, sblmnya di diagnosa dermatitis atopik dd allergic dermatitis due to food dd impetigo.)

Wow, beneran cuma dengan amoxicillin oral saja keluhan pasien membaik, dan yang lebih penting akhirnya memang betul advis dari dokter Ardsari, "...Kalau infeksi sekunder sudah teratasi, kita bisa lebih mudah untuk lihat lesi aslinya seperti apa. Apakah ada dermatitis atopik, apakah impetigo saja, apakah scabies atau diagnosa lainnya..."

Nah, pada pasien ini ketahuan kalau memang kulit dasarnya si pasien ada dermatitis atopic, kulitnya cenderung kering. Itu yang menjelaskan kenapa sekarang saat kontrol klinis membaik namun masih mengeluh gatal.

Jadi, apa advis dr Ardsari?

"Pelembab sama betamethasone topikal."

"Pelembabnya idealnya dipilih cetaphil/atopiclair. Kalau nggak ada boleh pakai urea 10% cream, dengan catatan dipakai setelah mandi dan area kulit tidak ada yang maserasi/lecet."

Oke, mudah-mudahan adiknya bisa segera sembuh ya dok^^


=
Sponsored Content

Mau Join? Klik link Pendaftaran Ini