Pesimis, Berakhir Manis

Sebut saja dr Vijay (bukan nama sebenarnya). Seorang punjabi yang lahir dan besar di Indonesia. Jangan salah, meskipun setiap hari selalu memakai surban seperti Jarjit Singh, tapi dia Pancasila dan NKRI lho.

jarjit-singh

Perkenalan kami berawal ketika dr Vijay tiba-tiba WA minta rekomendasi buku apa saja yang pas buat persiapan tes PPDS Interna.

Seperti biasa aku jawab, "Idealnya khatam Buku Ajar IPD PAPDI dok. Tapi kalau waktunya mepet bisa dicicil belajar PPK Penatalaksanaan, EIMED Merah dan EIMED Biru."

Interaksi terus berlanjut, kita sering diskusi soal dan pembahasan soal interna di Group. Sampai suatu saat aku dapat pesan WA sperti ini
testimoni-dr-singh-1
testimoni-dr-singh-2

Dr Vijay gigih orangnya, kalau dia nemu kesulitan dia akan berusaha keras sampai kesulitan itu teratasi. Misalnya, dia tau bahwa untuk bisa tembus di Interna UN--- dia perlu upaya lebih, karena tingkat persaingannya keras dan pesaingnya bikin "begidik".

Tapi dia cerdik, untuk menambah poin saat ujian, dia rela mengabdi sebagai relawan kesehatan program pemerintah di daerah terpencil selama beberapa tahun.

Untuk mereview cepat materi interna yang sudah dipelajari dia juga memutuskan untuk bergabung di Group Bank Soal (Interna-Kardio) di LiteBig. Menurutnya, belajar soal-soal bersama akan membantu dia mengarahkan proses belajarnya supaya lebih "nancep".
testimoni-dr-singh-3
testimoni-dr-singh-4

Manusiawi, beberapa saat setelah ujian tulis dr Vijay curhat kalau dia pesimis. Di atas kertas peluangnya nggak besar-besar amant. Pesaingnya ada banyak dari alumni FK universitas negri (tuan rumah) dan FK negri top dari Jakarta dan Medan. Tentu kondisi ini "tidak mudah" untuk membangkitkan kepercayaan diri dr Vijay, bagaimana pun terkadang ada "kepercayaan" bahwa alumni FK negri lebih diprioritaskan dibanding FK swasta.
testimoni-dr-singh-5
testimoni-dr-singh-6

Meskipun "kepercayaan" tersebut sebenarnya tidak sepnuhnya benar. Karena aku tau, banyak juga center yang obyektif dalam menerima peserta PPDS baru. Meskipun dari FK Swasta, kalau hasil ujiannya oke, ya masuk.

Waktu itu aku cuma bisa menghibur, "Percoyo karo Gusti Allah dok. Berkah ramadhan. Tawakaltu ilallah. Kalau Gusti Allah berkehendak. Menungso ra iso opo-opo. Kan wis dilakoni. Kari doa aja."

Dan dr Vijay cuma bilang, "Siap pak ustadz laksanakan..."

Tau nggak, belakangan aku malu banget sudah ngomong gitu ke dr Vijay. Soalnya dr Vijay, meskipun kemana-mana pakai surban, dia bukan muslim dok. Dia adalah penganut taat agama sikh, salah satu agama besar di India. (Maafkan aku dr Vijay)

Tapi, Alhamdulillahnya kok dr Vijay nggak marah sama aku gitu loh. Dia malah terima kasih karena...

DIA LULUS PPDS INTERNA
testimoni-dr-singh-7
testimoni-dr-singh-8

Kesuksesan dr Vijay adalah perpaduan antara kesiapan dan keberuntungan. Siap no. 1. Selanjutnya serahkan pada Allah SWT.


Sponsored Content

Kamu bisa persiapkan dirimu lebih matang untuk menghadapi Ujian Interna tahun ini bersama Group Bank Soal (Interna-Kardio) di LiteBig.

Ada sekitar 100 soal interna-kardio yang dibahas tiap bulan

outline-mei-2018

Iurannya 250 ribu/bulan => Bonus BUKU OUTLINE SOAL DAN PEMBAHASAN INTERNA-KARDIO senilai 299 ribu

Pendaftaran WA 08568689733 (Bu Santi LiteBig)