/ pediatri

Pasien Anak Mengeluh Nyeri Dada, Bagaimana Membedakan Penyebab Kardiak atau Non Kardiak?

Keluhan nyeri dada tidak sedikit dikeluhkan oleh pasien anak-anak. Secara statistik memang keluhan nyeri dada sering tidak berhubungan dengan penyakit jantung yang serius. Namun, orang tua sering kali khawatir karena mereka biasanya mengasosiasikan nyeri dada sebagai penyakit atau kelainan jantung. Edukasi dan pembuktian diagnosis yang cermat akan sangat bermanfaat untuk "menenangkan" orang tua pasien.

Secara statistik, keluhan nyeri dada pada anak bukan merupakan kelaianan kardiologis. Hanya 5% keluhan nyeri dada yang disebabkan oleh kelainan kardiak. Penyebab nyeri dada pada anak yang paling sering adalah kostokondritis, kelainan dinding dada (trauma atau otot), dan penyakit saluran nafas. Akumulasi kasus yang disebabkan oleh ketiga penyebab tersebut mencapai 45-60% dari keseluruhan kasus nyeri dada pada anak.

Bagaimana Membedakan Penyebab Kardiak atau Non Kardiak

Anamnesis pasien yang cermat perlu dilakukan untuk membedakan apakah keluhan nyeri dada disebabkan oleh penyebab kardiak atau non kardiak. Yang pertama perlu diketahui adalah apa saja kelainan kardiologis yang dapat menyebabkan keluhan nyeri dada pada anak.

Kita dapat membagi penyebab nyeri dada pada anak menjadi 3 besar: Disfungsi ventrikel akibat iskemia, kelainan inflamatorik jantung dan aritmia. Disfungsi ventrikel akibat iskemia dapat disebabkan kelainan jantung struktural (meliputi stenosis aorta, stenosis pulmonal dan kardiomiopati), prolaps katup mitral dan kelainan arteri koroner (misal kawasaki disease dan anomali koroner kongenital).

Kelainan inflamatorik jantung dapat disebabkan oleh perikarditis, miokarditis dan kawasaki disease. Sedangkan kelainan aritmia dapat disebabkan oleh takikardia ventrikular. Penjelasan lebih lanjut tentang berbagai kelainan tersebut dapat sejawat pelajari lebih lanjut dalam buku Nelson Essensial terjemahan IDAI terbaru.

Dalam menangani nyeri dada pada anak, pemeriksaan dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan kelainan jantung serius. Pada pasien dengan jantung berdebar dan frekuensi nadi cepat, perlu pemeriksaan EKG untuk melihat kemungkinan takikardi supraventrikuler yan ditandai dengan takikardi dan tidak tampaknya gelombang P.

Pemeriksaan foto torak X-Ray perlu dilakukan jika dicurigai keluhan disebabkan oleh kelainan jantung atau sistem respirasi. Pemeriksaan ekokardiografi perlu dilakukan jika penyebab nyeri dada diduga karena kelainan jantung. Pada banyak kasus, nyeri dada pada anak sering bersifat idiopatik, meskipun suadah dilakukan berbagai pemeriksaan, namun tidak terdeteksi penyebabnya.

Tatalaksana ditujukan pada faktor penyebab jika penyebabnya bisa diketahui. Selama tidak diketahui penyebabnya, pemberian obat tanpa indikasi yang jelas tidak dianjurkan. Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa 79% penyebab nyeri dada anak yang tidak diketahui penyebabnya adalah kostokondritis, peradangan tulang rawan pada tulang iga.

Apa Itu Kostokondritis?

Kostokondritis adalah penyebab nyeri dada yang tidak hanya didapatkan pada pasien anak, juga pasien dewasa. Kostokondritis diduga disebabkan oleh peradangan pada tulang rawan tulang kosta yang terllokalisir sehingga menyebabkan nyeri spesifik di dinding dada depan. Karena kondisi ini tidak pernah membutuhkan tindakan pembedahan, maka patofisiologi kostokondritis tidak diketahui secara pasti.

Kostokondritis sering merupakan self-limiting disease, bisa sembuh sendiri tanpa obat. Laporan kasus tidak pernah menyebutkan terjadi kematian atau kecacatan fatal. Namun kondisi ini pada beberapa pasien sering mendorong pemeriksaan yang berlebihan di instalasi gawat darurat.

Rasa nyeri pada dinding dada depan juga sering disebabkan oleh batuk yang keras dan berulang. Rasa nyeri mungkin ditimbulkan akibat kekakuan dinding dada. Anamnesis yang cermat dan terarah akan sangat membantu untuk menggambarkan kemungkinan berbagai penyebab.

Yang perlu diingat adalah, nyeri dada pada anak sering tidak membutuhkan obat. Edukasi yang baik pada orang tua akan meminimalisir kekhawatiran.

Semoga bermanfaat.


=
Sponsored Content

Yuk, dipesan buku Nelson Pediatrik essensial. Buku terjemahan dari konsulen IDAI yang baik hati.

Spesial buat kamu yang:

  1. Dokter Spesialis Anak
  2. Punya Cita-Cita jadi Dokter Spesialis Anak
  3. Sedang ambil Residen di Departemen Ilmu Kesehatan Anak
  4. Berbiat daftar Residen Ilmu Kesehatan Anak tahun ini
  5. Dokter Umum yang Kece Badai (senantiasa update ilmu)

Langsug aja dipesan di SMS/WA 081234008737