Menghitung Rate EKG Kasus PVC

"Pasien usia 64 tahun, datang dengan keluhan sesak nafas sejak 2 hari saat tidur, batuk disangkal, bengkak pada kaki disangkal, riwayat CHF. Tekanan Darah 130/70 Nadi 45x/menit Temp 36,6 Respiratory Rate 24x/menit, saturasi 93-94%. Thorax dbn, abdomen dbn. Mohon pencerahan untuk ekgnya."

Jawaban dr Ragil, SpJP dan dr Wahyudi, SpPD: EKG di atas adalah Gambaran EKG PVC Bigemini. Namun hati-hati dalam membaca rate EKG, pada kasus di atas frekuensi nadi-nya saat diperiksa akan terkesan bradikardi karena pas pvc tidak terhitung sebagai nadi. Namun kalau mengacu pada gambaran EKG, rate EKG-nya 90 kali/menit.

Membaca EKG PVC

PVC adalah salah satu bentuk aritmia jantung. PVC (premature ventricular contraction) memiliki gambaran yang mirip seperti PAC (premature atrial contraction), ada beats yang muncul prematur atau lebih awal. Biasanya diawali dengan irama sinus normal. Tapi kemudian mulai muncul beats yang berbeda dari beats lain yang muncul prematur.

Beats premature ini berbentuk QRS yang lebar. Mari kita lihat ke contoh.

Irama sinus 80x/menit dengan PVC multiple. Kamu bisa lihat kalau beats 1 dan 2 normal tapi pada beats 3 dan 6 terdapat QRS lebar yang berbeda dari beats normal. Itu adalah contoh dari pvc. Seperti pada PAC, jika keluar sesekali pada ECG biasanya disebut sebagai occasional PVC dan jika munculnya sering disebut sebagai Multiple PVC.

Nama lain dari PVC adalah extra systole ventrikel atau ventricular extra systole (VES). Salah satu ciri pentingnya adalah kompleks QRS yang lebar. Oke cukup mudah kan? Yang penting pvc ini harus ada beats normal dulu.

Mau belajar membaca ekg lebih dalam? Yuk, join belajar di kelas Mahir Baca EKG.

Semoga Bermanfaat^^


=
Sponsored Content

Bukan rahasia umum, EKG adalah kompetensi "penting" dokter umum. Tidak hanya pada kasus nyeri dada spesifik (kecurigaan Sindroma Koroner Akut), ilmu EKG diperlukan untuk banyak kasus kegawatdaruratan lain (misal Henti Jantung dan Aritmia).

Kemarin tim DokterPost.com minta dr. Ragil Nur Rosyadi, SpJP untuk ngajari sejawat DokterPost.com tentang bagaimana biar sejawat bisa MAHIR BACA EKG. Ini salah satu cuplikan videonya tentang kelainan EKG Aritmia

Videonya gedhe banget, hampir 20 GB. Biar sejawat di Papua dan Indonesia Timur yang lain bisa ikut belajar juga, akhirnya kami putuskan untuk distribusikan videonya dalam bentuk DVD.

Yang mau pesan MAHIR BACA EKG (BASIC-Non Aritmia-Aritmia), bisa kontak kami disini ya. Kalau sudah punya lengkap bisa join Kelas Mahir Baca EKG (Group WA)

kontakin.com/dokterpost atau SMS/WA Yahya (0856-0808-3342)