/ asam urat

Mengapa Allopurinol Tidak Digunakan Untuk Pengobatan Asam Urat Akut?

Penggunaan allopurinol pada serangan gout akut tidak dianjurkan, karena penurunan kadar asam urat secara tiba-tiba akan mencetuskan serangan gout akut lebih lanjut pada pasien. Kecuali, pasien tersebut sudah pernah terbiasa mengonsumsi allopurinol, penggunaan allopurinol dengan dosis sebelumnya justru dianjurkan.

Kata asam urat biasa digunakan oleh masyarakat kita untuk menggambarkan gejala gout akut. Keluhan asam urat atau gout ini banyak dikeluhkan oleh pria dewasa dan wanita yang sudah menopouse. Meskipun gout berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat darah (hiperurisemia), namun Framingham Study melaporkan ada lebih dari 1% orang dengan kadar asam urat kurang dari 7 mg/dL.

Mengapa Kadar Asam Urat Normal Bisa Terserang Gout Akut?

Onset serangan gout akut berhubungan dengan perubahan kadar asam urat serum, meningkat atau menurun. Pada kadar asam urat yang stabil, meskipun > 7 mg/dL, jarang terjadi serangan. Pecandu alkohol berat sering mendapat serangan gout akut karena konsumsi alkohol dapat menyebabkan fluktuasi kadar asam urat darah. Fluktuasi kadar asam urat darah pada pecandu alkohol, meskipun kadar asam urat < 7 mg/dL, dapat mencetuskan serangan gout akut.

Bagaimana Dengan Penggunaan Allopurinol Pada Serangan Gout Akut?

Penggunaan allopurinol pada serangan gout akut tidak dianjurkan, karena penurunan kadar asam urat secara tiba-tiba akan mencetuskan serangan gout akut lebih lanjut pada pasien. Kecuali, pasien tersebut sudah pernah terbiasa mengonsumsi allopurinol, penggunaan allopurinol dengan dosis sebelumnya justru dianjurkan.

Apa Obat Yang Direkomendasikan Untuk Serangan Gout Akut?

Penatalaksanaan gout akut meliputi: edukasi, diet, istirahat sendi dan terapi obat. Terapi obat digunakan untuk menghilangkan keluhan nyeri sendi dan peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah kolkisin, NSAID, kortikosteroid dan hormon ACTH. Panduan penggunaan terapi obat serangan gout akut dapat dilihat di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat.


=

Sponsored Content

Pernah nggak sih, kalian mendapat kasus sulit saat menatalaksana pasien medik dan bingung mau bertanya pada siapa? Konsul ke senior Sp.PD atau Sp.JP, beliau-nya lagi sibuk ngobati pasien di rawat jalan? Atau, jangan-jangan kita niatnya tanya, eh malah ditanya balik??? Wkwkwkw.

Buku setebal 1000 halaman dengan berat 2,3 kg ini mungkin bisa jadi solusi yang pas buat kamu. Berisi pedoman diagnosis terapi yang paling lengkap saat ini terkait kasus-kasus medik (Penyakit Dalam, Jantung dan Paru). Ibarat kalian punya "Professor Interna Portable" yang siap ditanya kapan pun dan dimana pun, dan yang pasti nggak akan nanya balik? Wkwkwkwk.

Meskipun tidak bisa menggantikan peran para dokter Sp.PD untuk menjawab konsulan, buku ini setidaknya akan memberikan sejawat pengetahuan dasar yang lebih dari cukup untuk menjawab pertanyaan klinis sehari-hari: diagnosis-nya apa, terapi-nya apa, prognosisnya bagaimana?

Info tambahan, Buku PPK Penatalaksanan PAPDI ini juga banyak dicari dokter manajer Rumah Sakit sebagai referensi menyusun Panduan Praktik Klinis internal di Rumah Sakit dalam menghadapi Akreditasi versi KARS 2012.

Harganya 499 ribu, belum termasuk Ongkos Kirim.

Mau Pesan? Kontak saja Yahya (+62 856-0808-3342) atau klik kontakin.com/dokterpost