/ awam

Ini Lho 16 Makanan "Ajaib" Pencegah Penyakit Jantung...

Apakah anda memiliki keluarga yang meninggal karena penyakit jantung? Apakah ayah anda menderita penyakit jantung? Apakah ibu anda menderita stroke? Atau mungkin kakek anda?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sering ditanyakan dokter pada pasien serangan jantung di ruangan. Pertanyaan yang terkesan sederhana, namun sangat penting dalam mengidentifikasi kemungkinan anda menderita penyakit jantung atau stroke di masa depan.

Riwayat keluarga ada data yang penting, jika salah satu keluarga anda menderita penyakit jantung atau stroke anda memiliki kemungkinan berlipat untuk menderita penyakit yang sama.

Seperti kita ketahui, penyakit jantung adalah salah satu pembunuh no. 1 di dunia. Biaya kesehatan yang harus dikeluarkan untuk mengangani satu pasien serangan jantung bisa mencapai ratusan juta. Risiko kematian pasien jantung juga tinggi.

Namun, tenang. Setiap masalah pasti bisa dicegah. Tidak terkecuali penyakit jantung. Dengan diet sehat dan pola hidup yang baik, penyakit jantung sangat mungkin bisa dicegah.

Berikut kita akan membahas makanan apa saja yang baik untuk menghindarkan kita dari penyakit jantung.

Salmon

Salmon dan jenis ikan lain khususnya yang berlemak seperti sarden dan ikan kembung merupakan makan yang sangat baik untuk jantung. Banyak penelitian membuktikan kandungan asam lemak omega 3 pada ikan2 tersebut mampu menurunkan risiko terjadinya aritmia (nadi yang tidak teratur) dan arterosklerosis (proses penumpukan lemak di pembuluh darah yang menyebabkan pembuntuan pada pembuluh darah sehingga terjadi penyakit jantung) dan menurunkan trigliserid. AHA (American Heart Association)/ organisasi ahli jantung di Amerika merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan terutama yang berlemak minimal dua kali seminggu. Asam lemak omega 3 saat ini juga sudah banyak dijual bebas sebagai suplemen makanan.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang memiliki daya penyerapan yang sangat bagus sehingga dapat menurunkan kolesterol di dalam usus. Oatmeal ini seperti sponge pada saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga tidak akan diserap oleh usus dan tidak sampai masuk ke dalam aliran darah. Para ahli menyarankan untuk menghindari oatmeal instan yang mengandung banyak gula, dan mengganti dengan oat yang masih asli meskipun dimasak dengan cepat. Selain itu tepung jagung, roti gandum dan lain-lain juga cukup bagus untuk jantung.

Blueberry

Blueberry, strawberry dan jenis berry lain juga bagus untuk jantung. Berdasarkan sebuah penelitian pada wanita umur 25 hingga 42 tahun yang memakan lebih banyak blueberi dan strawberi tiga klai seminggu memiliki risiko serangan jantung 32% lebih rendah daripada wanita yang memakan beri lebih sedikit. Peneliti ini menyebutkan bahwa kandungan anthocyanin, flavonoids yang merupakan antioksidan pada berry lah yang mampu menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Antocyanin ini yang memberikan warna biru dan merah pada buah tersebut.

Dark chocolate

Beberapa penelitian membuktikan bahwa dark chocolate memiliki manfaat pada jantung. Pada tahun 2012 ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi chocolate sekali sehari menurunkan angka kejadian serangan jantung dan stroke pada pasien berisiko tinggi. Penelitian ini hanya berlaku pada dark chocolate yaitu coklat yang mengandung minimal 60-70% cocoa. Dark chocolate mengandung flavonoids yang disebut sebagai polyphenols, yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, pemberkuan darah dan proses keradangan. Tetapi jangan sampai salah dengan coklat yang ada di pasaran karena sebagian besar coklat di pasaran seperti coklat susu maupun permen coklat tidak akan memberikan efek baik kepada jantung anda karena kandungan cocoa yang rendah dan kandungan gula yang tinggi.

Jeruk

Wanita yang mengonsumsi jeruk dan anggur dalam jumlah yang banyak memliki risiko terjadinya stroke 19% lebih rendah. Buah-buahan yang mengandung vitamin C berguna untuk menghindarkan dari penyakit jantung. Tetapi HATI-HATI dengan produk minuman vitamin C yang beredar di pasaran karena sering mengandung gula yang sangat tinggi.

Kedelai

Kedelai merupakan bahan makanan yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia dan ternyata produknya seperti tahu dan tempe merupakan sumber protein yang cukup bagus untuk jantung karena tidak mengandung lemak dan kolesterol jahat. Produk kedelai ini mengandung lemak tak jenuh (bagus untuk jantung) yang tinggi, serat, vitamin, dan mineral. Jika dibandingkan susu atau sumber protein lain, protein dari kedelai ini mampu menurunkan LDL atau "kolesterol jahat".

Kentang

Kentang ini sering dianggap sebagai makanan yang kurang baik. Padahal selama dia tidak digoreng dalam kondisi deep fried kentang ini cukup bagus untuk kesehatan jantung anda. Kentang mengandung banyak potasium (kalium) yang dapat menurunkan tekanan darah. Kentang juga kaya akan serat yang akan menurunkan risiko penyakit jantung.

Tomat

Seperti kentang tomat ini tinggi akan kalium. Selain itu dia juga merupakan sumber antioksidan lycopene. Lycopene merupakan jenis karotenoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tomat juga rendah kalori dan rendah kadar gulanya sehingga cukup bagus untuk diet sehat.

Kacang-kacangan

Termasuk didalamnya almond, kacang tanah, dan kacang kenari. Kacang mengandung vitamin E yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Sementara kacang kenari mengandung asam lemak omega 3. kacang ini sering dihindari oleh orang-orang karena dikira mengandung kolesterol tinggi padahal kandungan lemak nabati tidak jahat terhadap jantung dan terbukti orang2 yang mengkonsumsi kacang lebih banyak memiliki badan yang lebih kering (lean). Dan bentuk tubuh ini berhubungan dengan risiko penyakit jantung yang rendah.

Minyak zaitun

Pasien yang setidaknya mengkonsumsi empat sendok minyak zaitun sehari mampu menurunkan kejadian serangan jantung, stroke, dan kematian hingga 30%. Minyak zaitun ini merupakan sumber minyak monounsaturated yang dapat menurunkan kolesterol maupun gula darah.

Brokoli dan Bayam

Sayur-sayuran merupakan salah satu kunci utama makanan sehat. Dan sayuran hijau ini memberikan efek yang lebih baik lagi bagi jantung anda. Kandungan karotenoid yang merupakan antioksidan akan membantu tubuh anda untuk menetralisir racun dalam tubuh. Sayur hiaju ini juga mengandung banyak serat dan vitamin serta mineral.

Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang sering dilarang pada pasien penyakit jantung. Tetapi penelitian terbaru membuktikan bahwa mengonsumsi kopi dua gelas sehari akan mampu menurunkan kejadian penyakit jantung hingga 15%. Meskipun penelitian ini masih cukup kontroversi karena pada beberapa pasien kopi ini akan memicu keluhan berdebar akibat aritmia (nadi yang tidak teratur). Jadi alangkah baiknya untuk anda yang merupakan pecinta kopi silahkan lanjutkan kebiasaan anda asal tidak berlebihan terutama jika ada keluhan, tetapi bagi anda yang tidak suka kopi mungkin anda bisa mencoba makanan sehat lain selain kopi ini.

Flax seeds

Saat ini banyak biji-bijian seperti chia seeds yang ternyata mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi menyebabkan makanan ini cukup baik untuk jantung. Selain itu kandungan serat yang tinggi juga akan memperbaiki kesehatan anda.

Alpukat

Buah yang enak dan lembut ini ternyata bagus untuk kesehatan jantung anda. Seperti minyak zaitun alpukat juga tinggi akan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Alpukat juga mengandung antioksidan dan kaliumyang tinggi .

Delima

Delima adalah buah yang kaya akan antioksidan yaitu polifenol dan anthocyanins yang dapat membantu mencegah pembuntuan pembuluh darah. Sebuah penelitian membuktikan dengan konsumsi delima selama tiga bulan mampu memperbaiki aliran darah menuju jantung.

Teh hijau

The hijau ini memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa orang yang meminum teh hijau empat gelas teh hijau setiap hari mampu menurunkan risiko kejadian penyakit jantung dan stroke hingga 20%. Kandungan antioksidan bernama catechin sepertinya yang menyebabkan efek baik dari teh hijau ini.

Semoga Bermanfaat^^