Kisah Bayi Kejang Ini Bikin Trenyuh

Ceritanya ada bayi, sekitar 1 tahun. Beratnya 10 kg. Datang ke IGD pas ada TS yang jaga, diare akut > 10 kali.

Sudah diterapi, resusitasi cairan. Pasien stabil, masuk rawat inap.

Di bangsal diterapi cairan maintenance, normal saline (NaCl 0,9%). Entah nggak tau, atau nggak ada pilihan lainnya, ini jadi masalah akhirnya.

Dapat hari kedua pasien kejang, TS bingung. Akhirnya dirujuk ke RS. Ketahuan, hipernatremia.


Aku nggak mau menguliti si TS sih kali ini, secara dia sahabat kentelku.

Tapi, aku sedikit share ilmu yang aku dapat soal terapi cairan pada pediatri ini.

Jadi dalam terapi cairan rumatan pada pasien anak, ini nggak bisa sembarangan.

Karena ginjal anak beda sama dewasa. Sedikit tinggi aja natrium dalam cairan, si anak rentan hipernatremia.

Trus, gimana caranya?

Kamu bisa ikuti langkah-langkah ini...

  1. Hitung kebutuhan cairan

  2. Hitung kebutuhan natrium harian

  3. Pilih cairan dan dosis yang tepat

Misal, si anak tadi beratya 10 kg.

Kebutuhan cairannya pakai rumus Holiday Segar

10 kg x 100 cc = 1000 cc

jadi kebutuhan cairan anak ini 1000 cc/24 jam

terus, hitung kebutuhan natrium...

rumusnya BB x 2.5 meq = 10 x 2.5 meq = 25 meq/24 jam

Jadi pilihannya pakai cairan yang kira-kira dalam 1000 cc mengandung natrium 25 meq

Coba kita pakai tabel ini...

komposisi-cairan-elektrolit

Kalau lihat tabel di atas, maka jenis cairan yang paling mendekati adalah KAEN4B (30 mEq/L) atau D5+1/4 NS (38,5 mEq/L)

Tapi kan KAEN4B di tempatku sulit didapat (kalau di tempatmu?) jadi aku lebih pilih D5+1/4 NS

Begitu sih caranya...

Tapi, ada cara cepatnya sih... Dijelaskan dr Filipus dengan sangat gamblang dan sederhana di DVD Mahir Terapi Cairan

terapi-cairan-anak

Intinya...

  1. Anak neonatus pilihan cairannya D10+1/5 NS

  2. Anak < 3 tahun pilihan cairannya D5+1/4 NS

  3. Anak > 3 tahun pilihan cairannya D5 1/2 NS

Itu sudah dihitung kok, dan memang yang paling mendekati kebutuhan fisiologis anak. Kalau nggak percaya, coba aja hitung sendiri ^^

Mudah kan?

Kamu belum punya DVD Mahir Terapi Cairan?

dvd-mahir-terapi-cairan-DVD-Dermato

Bisa dipesan via klik link order ini atauWA 085608083342

Aku rekomendasikan banget, kalau kamu sering pakai terapi cairan, dewasa dan anak, dalam praktek sehari-hari

Semoga Bermanfaat^^