Diagnosis dan Terapi Keracunan Jengkol

Jengkol sering menimbulkan gejala keracunan karena asam jengkol, yaitu suatu asam amino yang mengandung belerang yang didapat dari biji jengkol. Timbulnya keracunan tidak bergantung dari jumlah biji jengkol yang di makan dan apakah jengkol itu dimakan mentah atau di masak terlebih dahulu. Demikian juga tidak ada hubungan dengan muda atau tuanya biji jengkol yang dimakan. Namun timbulnya gejala keracunan tergantung dari kerentanan seseorang terhadap asam jengkol

Diagnosis dan Terapi Keracunan Jengkol

Gejala yang timbul disebabkan oleh hablur (kristal) asam jengkol yang dapat menyebabkan obstruksi saluran kemih. Keluhan pada umumnya timbul dalam waktu 5-12 jam setelah memakan jengkol. Keluhan tercepat 2 jam dan yang terlambat 36 jam sesudah memakan biji jengkol.

Umumnya penderita meceritakan setelah memakan beberapa biji jengkol, akan merasa sakit perut, kadang-kadang disertai muntah, adanya serangan kolik pada waktu berkemih. Volume air kemih akan berkurang bahkan sampai terjadi anuria. Kadang-kadang terdapat hematuria. Napas & urin berbau jengkol.Pada pemeriksaan urine dengan mikroskop dapat ditemukan hablur asam jengkol berupa jarum runcing yang kadang-kadang bergumpal menjadi ikatan atau berupa roset.

Tatalaksana Keracunan Jengkol

Jika gejala penyakit ringan (muntah, sakit perut atau pinggang saja) penderita tidak perlu dirawat, cukup dinasehati untuk banyak minum serta memberikan natrium bikarbonat saja. Bila gejala penyakit berat (oliguria, hameturia, anuria dan tidak dapat minum) penderita sebaiknya dirujuk ke RS.


=

Sponsored Content

Bukan rahasia umum, EKG adalah kompetensi "penting" dokter umum. Tidak hanya pada kasus nyeri dada spesifik (kecurigaan Sindroma Koroner Akut), ilmu EKG diperlukan untuk banyak kasus kegawatdaruratan lain (misal Henti Jantung dan Aritmia).

Kemarin tim DokterPost.com minta dr. Ragil Nur Rosyadi, SpJP untuk ngajari sejawat DokterPost.com tentang bagaimana biar sejawat bisa MAHIR BACA EKG. Ini video contoh analisis kasus blok jantung dari dr Ragil, SpJP

Videonya gedhe banget, hampir 7 GB. Biar sejawat di Papua dan Indonesia Timur yang lain bisa ikut belajar juga, akhirnya kami putuskan untuk distribusikan videonya dalam bentuk DVD.

Yang mau pesan MAHIR BACA EKG (BASIC-Non Aritmia-Aritmia), bisa kontak kami disini ya