/ sectio

Bagaimana 10.000 Jam akan Membentuk Kompetensi Anda?

Tulis spesific skill yang ingin kamu kuasai di selembar kertas, tentukan target yang ingin dicapai (mis. Sirkumsisi 20.0000 "burung"), bawa kertas itu kemanapun kamu pergi, catat setiap kali kamu sirkumsisi, sampai target tercapai.

Mungkin sejawat sudah famliar denggan quotes diatas. Gagasan 10.000 jam adalah ide yang dipopulerkan Malcolm Gladwell dalam buku Outliers.

Gambaran sederhanya, Mozart pada saat usia enam tahun sudah berlatih memainkan musik selama 3500 jam dengan guru ayahnya sendiri. Mozart mencapai kesuksesan fenomenalnya setelah melewati latihan intens 10.000 jam, pada usia 17 tahun.

Hukum 10.000 jam menyatakan bahwa untuk mendapatkan skill kelas dunia, setidaknya anda harus berlatih intens satu spesifc skills dalam 10.000 jam.

Sederhananya,sejawat adalah seorang dokter obgyn dengan spesial skill sectio. Untuk mencapai skill kelas dunia, setidaknya butuh 3-4 tahun dengan syarat alokasi 8 jam/hari untuk "berlatih intens" melakukan sectio. Bagaimana jika sejawat hanya mengalokasikan 4 jam/hari untuk "berlatih intens"? Sejawat akan membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 6-7 tahun. Begitu pula jika sejawat adalah seorang intensivist yang ingin mahir dalam resusitasi pasien syok sepsis , sejawat butuh berlatih 10.000 jam!

Semakin banyak waktu yang sejawat alokasikan untuk "berlatih intens", semakin cepat sejawat akan menguasai skill kelas dunia.
Sebenarnya konsep ini sangat umum di dunia kedokteran. Kita tentu masih ingat hukum 1000 kali injeksi.

Konsulen saya dulu selalu mengatakan, suntik intramuskular 1000 kali baru bisa dikatakan "kompeten melakukan injeksi intramuskular". Ada juga hukum pasang infus 100 kali. Setelah pasang infus 100 kali, baru bisa dibilang kompeten pasang infus.

Masih banyak contoh yang lain, namun pada intinya saya percaya bahwa hukum 10.000 jam Gladwell bermanfaat untuk membangun kompetensi kita.

Tips: Tulis spesific skill yang ingin kamu kuasai di selembar kertas, tentukan target yang ingin dicapai (mis. Sirkumsisi 20.0000 "burung"), bawa kertas itu kemanapun kamu pergi, catat setiap kali kamu melakukan suatu tindakan sampai target tercapai.

Selamat mencoba, kawan.