7 Gerakan Pemanasan Untuk Kurangi Low Back Pain

Informasi ini kayaknya cocok buat kamu yang praktek dokter di puskesmas dengan pasien BPJS yang tidak habis-habis. Pasien 100 orang/hari selama 40 jam seminggu sudah cukup untuk membuat weekend-mu lebih suram dengan keluhan low back pain. Hehe.

Oke, pasti kamu juga sepakat sama aku, nahwa tidak semua low back pain harus diterapi dengan NSAID. Memang sih kalau di buku PPK Neurologi PERDOSSI, rekomendasi terapi di puskesmas adalah menggunakan obat golongan NSAID. Jika tidak membaik dalam seminggu, maka pertimbangkan untuk merujuk pasien ke dokter SpS.

Tapi, sering lho sebenarnya pasien tidak membutuhkan terapi NSAID, dan LBP sembuh sendiri. Betul nggak?

Tapi, kalau saya dapat pasien ya akan tetep dikasih NSAID. Pasien sampai datang ke tempat praktek berarti kan memang tidak bisa mengendalikan nyerinya. Tapi, kalau aku sendiri yang LBP? Biasanya aku ngelakuin gerakan-gerakan pemanasan kayak video di bawah ini. Dan seringnya sih efektif.

Biasanya kalau aku sudah muncul keluhan LBP, mending aku buat istirahat sebentar. Kalau sudah enakan coba lakukan gerakan kayak di atas. Biasanya bisa sangat membaik. Beberapa pasien juga aku ajarkan gerakan kayak gitu. Hasilnya sih cukup memuaskan.

Soalnya, sering kali kalau aku kasih NSAID itu ya kasihan ginjalnya pasien. Karena rata-rata yang datang dengan LBP kan memang pasien lansia. Betul nggak? Dan sering kali karena sudah tau obatnya, mereka mengkonsumsi NSAID sembarangan. Nggak pakai resep dokter, bahkan kadang-kadang sampai kayak konsumsi permen sebelum tidur gitu.

Nah, buat kamu dok. Ada sedikit ide nyeleneh yang disarankan dr. Mercola

Dalam blognya, dr. Mercola menyarankan kamu yang "terlalu banyak duduk" untuk "avoiding to sit". Sampai-sampai dr. Mercola mendesain meja kerja khusus untuknya, tanpa kursi. Hehe. Kebayang nggak kamu anamnesa pasien sambil berdiri, 40 jam seminggu. Hehe.

Semoga Bermanfaat^^


=

Sponsored Content

Mau pesan PPK Neurologi dari PERDOSSI? Hubungi aja CS kami via kontakin.com