/ ukmppd

1001 Soal & Pembahasan UKMPPD: #718

Seorang wanita 37 tahun, datang dengan kekuhan berdebar-debar dan sesak nafas saat berada didalam lift. Pasien juga berkeringat dan mulutnya kering. Pasien sering merasa cemas dan gelisah saat berada di ruangan yang sempit. 3 bulan yang lalu adik pasien meninggal karena sesak kekurangan udara.

Diagnosis pada pasien ini adalah ...
A. Gangguan Cemas
B. Gangguan Depresi
C. Gangguan Fobia
D. Gangguan Psikotik
E. Gangguan Panik


=
Jawaban: C. Gangguan Fobia

  • Gangguan cemas menyeluruh: gejala cemas sebagai gejala
    utama, berlangsung hampir tiap hari selama beberapa bulan, tidak menonjol pada situasi tertentu saja. Dominasi rasa kecemasan, timbul ketegangan motorik, dan overaktivitas otonom.
  • Gangguan depresi: afek depresif, hilang minat dan kegembiraan (anhedonia), serta mudah lelah dan penurunan aktivitas yang nyata.
  • Gangguan fobia: kecemasan disertai perilaku menghindar, timbul akibat ketakutan yang tidak logis, bersifat menetap terhadap suatu objek, kondisi atau situasi tertentu yang sebenarnya tidak berbahaya.
  • Gangguan psikotik: gangguan pikiran dan persepsi, afek tumpul, deteriorasi, serta dapat ditemukan uji kognitif yang buruk.
  • Gangguan panik: PPDGJ III J timbul beberapa kali serangan
    anxietas berat dalam rentang waktu 1 bulan dalam kondisi tidak ada situasi berbahaya, dalam situasi yang tidak terduga, dengan kondisi penderita bebas dari gejala cemas di antara serangan panic.
  • Gangguan somatoform: keluhan gejala fisik yang berulang-ulang disertai dengan permintaan medic meskipun terbukti hasilnya negative, menyangkal dan menolak kemungkinan kaitan keluhan fisik dengan konflik dalam kehidupan.

Sumber: Kapplan&Shadock, Synopsis of Psychiatri

Semoga Bermanfaat^^


=
Sponsored Content

Info pemesanan Inbox aja Admin Go UKMPPD